Serial Cadar (Bagian 2): Orang-Orang Aneh

Aku tak memandang ustadzah-ustadzahku aneh karena jilbab mereka begitu besar. Seakan payung yang siap mengembang dan cocok untuk jadi tempat persembunyian kami saat bermain petak umpet. Yang kutahu, Ustadzah adalah orang yang pandai, lembut, dan murah senyum. Dengan anak-anak kampung pun Ustadzah sungguh bermurah hati. Ustadzah tak membedakan adakah kami anak PNS, anak pedagang, atau anak tukang becak.

Orang-tuaku pun tahu bahwa di balik jilbab Ustadzah yang lebar dan gelap, mereka adalah orang berpendidikan dan datang dari keluarga terhormat. Mama dan Bapak tak khawatir membiarkan kami menengok rumah Ustadz yang penuh dengan perabot kayu. Ustadz kami adalah seorang perajin sekaligus pedangan mebel plus seorang mahasiswa. Senangnya … kami boleh main ke rumah beliau. Mereka sungguh baik membiarkan kami menjelajah lantai per lantai.

Ustadz yang bercelana cingkrang dan berjenggot adalah kawan mengobrol yang menyenangkan bagi keluargaku. Mulai dari Mama, Bapak, tante, dan omku, semuanya sepakat bahwa Ustadz kami adalah orang yang “gaul”. Mereka tak segan berjual-beli mebel dengan Ustadz. Mereka juga tak kikuk di hadapan Ustadz, karena Ustadz sungguh enak diajak mengobrol.

Semua memori masa kecil itu membuatku tak pernah takut pada muslimah bercadar maupun muslim bejenggot. Yang aku tahu, Ustadzahku yang berjilbab besar adalah orang yang sangat baik dan bisa kupercaya, dan Ustadzku yang berjenggot adalah guru mengaji sekaligus kawan bermain yang menyenangkan. Mereka adalah orang-orang yang tak menutup diri, pandai bergaul di masyarakat. Karenanya, sungguh aku heran mengapa masih saja ada orang yang menganggap mereka itu aneh?

Bersambung, insya Allah ….

Bandar Universiti, 23 Oktober 2011,
Athirah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s