Faidah dari Kajian Kitab Al-Minzhar, Ahad, 15 Mei 2011

Kesalahan dalam Tauhid
====================

1. الدعاء هو العبادة
– Makna literal: ibadah itu hanyalah doa.
– Makna sebenarnya: hashr (pembatasan), yang bermakna bahwa hal tersebut sangat penting; seperti juga dalam hadis, الحج العرفة ; sehingga, makna hadis: doa merupakan bagian yang sangat penting dari ibadah.

2. Ada ulama yang berpendapat bahwa “ومن يدع مع الله اله آخر…” merupakan ayat yang menjadi dalil bahwa kemusyrikan=kekafiran, sebagaimana dalam hadis “الفرق بين الكفر والشرك الصلاة“. Namun, Syekh Shalih Al-Fauzan berpendapat bahwa ada kekafiran yang tidak termasuk kemusyrikan.

3. Hadis riwayat Abu Hurairah: “Siapa yang berbahagia dengan syafaatmu di hari kiamat?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
من قال لا إله إلا الله خالصا من قلبه

4. فصل لربك وانحر
Pendapat ulama tentang ayat ini: Ayat ini adalah perintah (atau wajibnya) ikhlas dalam shalat dan menyembelih hewan, bukan wajibnya shalat dan wajibnya berkurban. Sehingga, makna ayat adalah: فصل لربك وانحر لربك

5. لعن الله من ذبح لغير الله
Apakah lafal hadis ini adalah berita (khabar) atau laknat?
Yang rajih: lafal hadis ini adalah khabar atas sesuatu yang pasti terjadi, sehingga terjemahannya adalah: Allah melaknat orang yang menyembelih untuk selain Allah.

6. Jenis ibadah:
a. Jika ditujukan kepada selain Allah, boleh jadi tidak menjadi kesyirikan, contoh: takut api, takut bencana.
b. Jika ditujukan kepada selain Allah berarti pasti merupakan kesyirikan, contoh: sembelihan.
الذبح عبادة ->إصالة الدم >> penyembelihan itu adalah ibadah:mengalirkan darahnya, bukan pemanfaatan dagingnya.
– Contoh menyembelih yang bukan termasuk ibadah: menyembelih hewan untuk menjamu tamu >> yang diinginkan adalah dagingnya, untuk dimasak, bukan untuk pemuliaan kepada si tamu melalui darah yang dialirkan.

7. Ucapan “Allahu Akbar” bisa untuk mengungkapkan kesenangan maupun keheranan atas sesuatu, seperti pada hadis tentang Dzatul Anwath.

8. تبرك به : meminta keberkahan kepada sesuatu, tanpa keyakinan bahwa hal tersebut mampu melakukannya >> syirkul asbab, syirik ashgar.

تبرك منه : meminta keberkahan kepada sesuatu, dengan keyakinan bahwa hal tersebut mampu memberi manfaat >> syirik akbar.

Bandar Universiti, 19 Mei 2011,
Athirah

==

Banyak kesalahan dalam praktik beragama yang beredar di sekeliling kita. Akan tetapi, mungkin tidak banyak orang yang menyadarinya. Dalam kitab Al-Minzhar fi Bayani Katsirin minal Akhta’ Asy-Sya’i’ah, karya Syekh Shalih bin Abdul Aziz Alu Syekh, kesalahan-kesalahan tersebut dikupas dan diluruskan. Hadirilah kajiannya secara langsung, setiap Sabtu di Masjid Pogung Raya dan Ahad di Masjid Al-‘Ashri, Yogyakarta. Kajian ini juga bisa diikuti lewat streaming www.radiomuslim.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s