Kemerdekaan Seorang Manusia

Orang yang paling merdeka di muka bumi adalah orang yang bertauhid kepada Allah, mengesakan Allah dalam segala bentuk peribadahan.

Segala persaksian tentang keesaan Tuhan, dia persembahkan hanya untuk Allah. Segala doa, dia panjatkan hanya kepada Allah. Segala darah dan daging hewan sembelihan yang mengalir, dia tujukan hanya untuk Allah. Rukuk dan sujudnya, segenap ibadah shalatnya, dia lakukan hanya untuk Allah. Tidak lagi tersisa sebuah ibadah, kecuali hanya untuk Allah, hanya untuk Allah.

Dalam dirinya, tidak ada tempat bagi sifat ingin dipuji, ingin dilihat, ingin disanjung, ingin dielu-elukan. Dalam jiwanya, tidak ada keinginan selain mengharap ridha Allah.

Dia adalah orang yang paling merdeka, karena dia tidak perlu tersiksa karena harus mencari-cari muka di hadapan orang lain. Dia adalah orang yang paling merdeka, karena dia tidak perlu mencari-cari keridhaan manusia. Keridhaan manusia akan datang sendiri kepadanya seiring dengan ridha Allah yang meliputi dirinya.

Dia adalah orang yang paling merdeka, karena dia tidak perlu merana ketika seluruh orang mencampakkan dirinya yang berpegang teguh dengan kebenaran. Dialah orang yang paling merdeka, karena sebumi harta berpaling darinya tidak menjadikan bermuram durja serasa tak ada lagi pintu rezeki yang akan terbuka.

Dialah orang yang bertauhid kepada Allah, yang mengesakan Allah, dan tidak ada tempat yang paling utama di hatinya melainkan pasti itu hanya untuk Allah.

Dialah orang yang mengisi citanya dengan harapan menjadi kekasih Allah, yang membumbungkan angannya setinggi Firdaus Al-A’la. Dialah orang yang yakin seyakin-yakinnya, bahwa hanya Allah satu-satunya Pencipta dan Pemelihara alam semesta, bahwa hanya Allah satu-satunya yang bisa melapangkan kesulitan dan mendatangkan kebahagiaan, bahwa hanya Allah satu-satunya tempat memohon dan berkeluh kesah.

Dunia menaunginya, akhirat merindukannya. Duhai orang yang bertauhid kepada Allah, betapa merdeka jiwa dan ragamu ….

Bandar Universiti, 12 Mei 2011,
Athirah

Iklan

3 pemikiran pada “Kemerdekaan Seorang Manusia

    1. Fa jazakillahu khayran wa fiki barokalloh, mb.

      Saya jg kurang tahu kenapa di WP tertulisnya 11 mei 2011. Padahal sy terbitkan 12 mei 2011. Mungkin ada pengaturan waktu yg kurang beres.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s